GENERASI MUDA BERWAWASAN LINGKUNGAN
SMP IT Qardhan Hasana

By Administrator 18 Jan 2023, 12:50:40 WIB Artikel
GENERASI MUDA BERWAWASAN LINGKUNGAN

                                                                                                       GENERASI MUDA BERWAWASAN LINGKUNGAN

Lingkungan yang bersih dan sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Lingkungan yang bersih dan sehat juga mencerminkan keberadaan masyarakat tersebut. Sangatlah tepat, seruan yang mengatakan bahwa tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat adalah tanggung jawab bersama.

Pendidikan berwawasan lingkungan merupakan upaya mengubah perilaku dan sikap berbagai pihak atau elemen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isu-isu permasalahan lingkungan. Hal ini dapat menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan perlindungan lingkungan hidup bagi generasi sekarang dan yang akan datang.

Dalam pandangan islam, shalat diakhiri dengan salam ke kanan dan ke kiri, yang berarti mendoakan dan mengusahakan keselamatan bagi seluruh makhluk, baik yang bernyawa maupun yang tidak bernyawa, yang nyata maupun yang gaib. Dengan demikian ibadah shalat juga bermakna berwawasan lingkungan. Kegiatan berwawasan lingkungan ini dalam kehidupan sehari-hari harus diterapkan dalam segala kegiatan apapun, tidak ada perkecualian terhadap siapapun. Setiap kegiatan apa saja yang dilakukan tidak berwawasan lingkungan, maka akan berdampak kerusakan terhadap lingkungan, baik berupa fisik maupun non fisik. Allah Swt. telah menegaskan di dalam Al Quran, bahwa kerusakan di bumi (darat, laut, dan udara) adalah akibat perbuatan manusia. Untuk mencegah terjadinya kerusakan ini, maka manusia dalam berfikir dan berbuat haruslah berpegang pada prinsip ihsan, yaitu selalu berorientasi kepada yang paling benar dan baik. Semua perbuatan haruslah dilandasi dengan iman dan takwa, niat yang ikhlas dan bertujuan mencari keridhaan Allah Swt. Sedangkan orang yang merusak lingkungan, meskipun dalam perkataannya manis dan programnya baik, namun dalam perbuatannya bertolak belakang, karena dilandasi oleh niat selalu untuk kepentingan dirinya dan bertujuan mencari keuntungan tanpa memperdulikan kerugian/penderitaan orang lain, maka orang seperti itu berprinsip munafik, yang sangat dibenci oleh Allah.

Berdisiplin selalu berwawasan lingkungan akan membawa pada kondisi mental yang tidak ada rasa kekhawatiran dan rasa sedih hal ini termuat dalam Surah Al Quran yang artinya “Barangsiapa yang beriman dan mengadakan perbaikan, maka tak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih (QS Al An’aam/6:48). Selain itu berdisiplin selalu berwawasan lingkungan juga mengingatkan kita agar tidak membuat kerusakan di muka bumi, hal ini termuat dalam Surah Al Quran yang artinya “Maka ingatalah nikmat-nikmat Allah dan janganlah kamu merajalela di muka bumi membuat kerusakan (QS Al A’raaf/7: 86).

Dengan Pendidikan berwawasan lingkungan dan pandangan islam cukuplah sudah bahwa salah satu kewajiban generasi muda sekarang adalah mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran tentang nilai-nilai lingkungan dan isu-isu permasalahan lingkungan, sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan terhadap lingkungan kita.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment