JABATAN TANGAN PENGGUGUR DOSA

By Administrator 28 Apr 2023, 08:01:38 WIB Artikel
JABATAN TANGAN PENGGUGUR DOSA

Berjabat tangan merupakan suatu aktivitas yang sering kita lihat dan lakukan saat bertemu seseorang yang baru kita kenal atau yang sudah kita kenal. Hal tersebut dilakukan sebagai tanda keakraban antar sesama manusia, disamping itu semua ternyata dalam satu jabatan tangan kita dapat menggugurkan dosa seseorang.

Dari Al-Barra bin ‘Azib (diriwayatkan), ia berkata bersabda Rasulullah SAW, “Tidaklah dua orang muslim yang saling bertemu, kemudian saling berjabat tangan kecuali keduanya akan diampuni (dosa) sebelum mereka berpisah” [HR. Ibnu Majah, No: 3693].

Adapun hikmah dari hadits tersebut adalah bahwa di antara adab dan etika antara sesama muslim ketika saling bertemu adalah pertama mengucapkan salam, kedua memberikan wajah yang ceria, dan yang ketiga berjabatan tangan. Ketiga adab dan etika ini masing-masing memiliki keutamaan tersendiri sebagai berikut:

Mengucapkan salam merupakan bentuk ungkapan doa agar saudanya mendapatkan keselamatan rahmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala serta mendapatkan keberkahan. Dalam riwayat lainnya, ada seseorang yang menemui Nabi, seraya berkata, "Assalamualaikum." Kemudian Nabi menjawabnya dan bersabda, "Sepuluh." (Maksudnya sepuluh kebaikan)." Mengetahui besarnya kebaikan yang terkandung dalam ucapan salam ini, maka sebagai umat muslim sangat dianjurkan untuk mengucapkan salam antara satu sama lain. "Sesungguhnya manusia yang paling utama di sisi Allah adalah yang terlebih dahulu mengucapkan salam." (HR Abu Dawud).

Memberikan wajah yang ceria juga merupakan perbuatan mulia. Dalam hadisnya, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak suka terhadap orang yang selalu berwajah muram di hadapan kawan-kawannya.” (HR ad-Dailami dalam Musnad al-Firdausi)

Pada hadis di atas, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa Allah SWT tidak suka dengan orang yang selalu berwajah muram ketika tengah berinteraksi dengan sesama. Maknanya, manusia sekuat mungkin harus memperlihatkan sikap yang membuat orang lain senang, bahagia, dan gembira, bukan sebaliknya. Dalam hadis lain, Rasulullah SAW bersabda, “Kamu tidak akan mampu berbuat baik kepada semua manusia dengan hartamu, maka hendaknya kebaikanmu sampai kepada mereka dengan keceriaan pada wajahmu.” (HR al-Hakim dalam al-Mustadrak).

Adapun keutamaan berjabat tangan yaitu menggugurkan dosa dan kesalahan yang dimiliki oleh seorang muslim, sebagaimana digambarkan dalam hadits di atas. Dalam riwayat lainnya juga disebutkan, “Apabila seorang muslim bertemu dengan saudaranya sesama muslim, lalu ia menjabat tangannya, maka akan berguguranlah dosa-dosa keduanya, sebagaimana bergugurannya dedaunan dari pepohonan yang kering, di hari angin bertiup sangat kencang. Jikapun tidak, maka akan diampuni dosa-dosa keduanya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Thabrani).

Dalam masa Hari Raya Idul Fitri ini bersalaman dan saling memberikan maaf adalah salah satu cara seorang muslim dalam menjalin tali silaturahmi dan menguatkan ikatan antar muslim.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment