Market Day, Tema 1 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
SMA IT Qardhan Hasana Banjarbaru

By Administrator 09 Okt 2022, 16:25:37 WIB Artikel
Market Day, Tema 1 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Banjarbaru- Pada era milenial sekarang, tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi semakin pesat berkembang dan kian maju makin harinya. Kecanggihan dari teknologi ini telah merambah ke berbagai belahan dunia, baik dalam segi politik, ekonomi, sosial, budaya dan termasuk di dalamnya adalah pendidikan. Inovasi dan pembaharuan dari pendidikan sangat dibutuhkan setiap saat bahkan setiap detiknya. Adapun inovasi dan pembaharuan ini bertujuan untuk memajukan pendidikan yang sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yang termaktub dalam UUD 1945 Alenia ke-4. Salah satu cara yang dapat diterapkan oleh generasi muda bangsa Indonesia adalah dengan tetap berpegang teguh pada dasar Negara kita yaitu pancasila dan juga nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Implementasi nilai-nilai Pancasila dilakukan melalui pembelajaran pendidikan Pancasila yaitu dengan menerapkan kurikulum 2013.

Dinamika kurikulum 2013 terlebih pada mata pelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan saat ini bisa dikatakan menurun. Penurunan ini terlihat pada pengimplementasian setiap materinya yang masih menggunakan teori dan minim praktek. Keprofesionalan guru juga memberi dampak terhadap menurunnya dinamika kurikulum pada saat ini. Sebagai pendidik guru juga harus bisa mengikuti zaman dengan menerapkan dan memanfaatkan teknologi dalam mendukung proses pembelajaran. Dampak dari menurunnya dinamika kurikulum berpengaruh terhadap karakter para peserta didik. Penerapan Pendidikan karakter yang menurun menimbulkan berbagai permasalahan pada nilai-nilai karakter peserta didik. Salah satu media dalam pemecahan masalah yaitu melalui revolusi pendidikan.

Revolusi yang dimaksud adalah revolusi dengan penerapan merdeka belajar. Proses pembelajaran yang berlangsung dalam kurikulum merdeka ini, guru hanya berperan sebagai fasilitator bagi peserta didik, menyiapkan dan mendampingi proses pembelajaran dan peserta didik dituntut untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari Merdeka belajar ini yaitu mewujudkan insan yang merdeka dan berbudaya, seperti yang diungkapkan oleh mendikbud Nadiem Makarim pada implementasi program penguatan karakter yang merupakan mandat presiden Joko widodo dan tertuang dalam peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan No 20 tahun 2018 tentang penetapan profil pelajar Pancasila. Pengimplemtasian profil pelajar Pancasila memenuhi 6 kriteria yaitu: 1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, 2) Berkebhinekaan Global, 3) Gotong Royong, 4) Mandiri, 5) Bernalar Kritis, 6) kreatif.

Penerapan Projek penguatan Profil pelajar Pancasila di SMA IT Qardhan Hasana Banjarbaru mengambil tema Kewirausahaan, dengan sub tema Cracking Success and Inspiring for Young Entrepreneur. Kegiatan kewirausahaan ini berupa Market Day, bentuk aksi nyata dari projek penguatan profil pelajar Pancasila uang memiliki tujuan antara lain sebagai berikut:

  1. Menumbuhkembangkan kreativitas dan budaya kewirausahaan peserta didik;
  2. Membuka wawasan peserta didik tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, dan menjadi problem solver yang terampil;
  3. Menyiapkan peserta didik untuk menjadi tenaga kerja profesional penuh integritas.

Kegiatan Market Day ini terdiri atas tahap orientasi (18 Juli-19 Agustus 2022), tahap persiapan (22 Agustus-03 Oktober 2022), tahap eksekusi (04-06 Oktober 2022), tahap refleksi (07 Oktober 2022), dan tahap pelaporan (10-12 Oktober 2022). Kegiatan ini meliputi mata pelajaran matematika, kimia, bahasa inggris, informatika, dan ekonomi. Adapun capaian yang terkait yaitu:

Mata Pelajaran

Capaian Pembelajaran

Elemen CP

Bentuk Aktivitas

  1. Matematika

Peserta didik dapat membuat dan menginterpretasi box plot (box-and whisker plot), bar chart, dan dot plot.

Analisis Data dan Peluang

Peserta didik membuat dan menginterpretasikan box plot (box-and whisker plot) terkait data pengunjung market day berdasarkan usia

  1. Kimia

Peserta didik mampu menerapkan konsep kimia dalam pengelolaan lingkungan, menuliskan reaksi kimia

Pemahaman Kimia

Menuliskan rumus kimia berbagai senyawa pada resep pancake dan susu kedelai.

  1. Bahasa Inggris

Peserta didik membaca teks prosedur.

Membaca – Memirsa

Peserta didik membuat video tutorial pembuatan Pancake.

  1. Informatika

Peserta didik mampu memanfaatkan berbagai aplikasi secara bersamaan dan optimal untuk berkomunikasi, mencari sumber data yang akan diolah menjadi informasi

TIK

Peserta didik membuat bar chart dan dot plot dari aplikasi Ms Excel untuk diintegrasikan ke dalam aplikasi Ms Word dan Ms Powerpoint.

Membuat makalah laporan kegiatan di Ms Word dan membuat presentasi di Ms Powerpoint

  1. Ekonomi

Peserta didik memahami sistem ekonomi sebagai cara dalam mengatur berbagai kegiatan ekonomi.

Pemahaman Konsep

Peserta didik mampu menganalisis sistem ekonomi dalam market day dan menuliskannya pada laporan akhir.

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment