Setiap Manusia Terlahir sebagai Pemimpin

By Administrator 16 Jan 2018, 05:38:34 WIB Artikel

Pemimpin bagi dirinya sendiri maupun pemimpin bagi orang lain. Setiap aspek dalam kehidupan selalu berhubungan erat dengan dasar-dasar kepemimpinan. Jika manusia mampu mempimpin dirinya sendiri dengan baik dan benar, maka saat itu dikatakan bahwa dia telah bertanggungjawab. Hal ini kemudian menjadi latar belakang diadakannya Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) PASKIBRA dan PMR bagi anggota baru PASKIBRA dan PMR SMA IT Qardhan Hasana.

Jumat s/d Sabtu (6 s/d 7/10/2017) Lemdikada Bina Banua menjadi tempat bagi 30 peserta didik yang mengikuti kegiatan ini. Berbagai persiapan dilakukan oleh panitia pelaksana. Mulai dari menyiapkan tempat acara, seragam, konsumsi, hingga tata pelaksaan LDKS. Tidak cukup hanya dengan persiapan materi, peserta maupun panitia juga memerlukan persiapan mental yang cukup (Fatimah Maulideya) salah seorang pelatih PASKIBRA SMA IT Qardhan Hasana menegaskan.

LDKS menjadi salah satu kegiatan wajib bagi setiap anggota baru PASKIBRA maupun PMR. “LDKS ini dihadirkan agar menjadi wadah bagi para peserta didk untuk melatih dasar-dasar kepemimpinannya, bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar, melatih kepercayaandirian serta untuk pemantapan materi yang sudah dipelajari selama mengikuti kegiatan ekstrakulikuler ketika latihan rutin mingguan dilaksanakan”, terang Yulia Erik, M.Pd, pembina PMR SMA IT Qardhan Hasana.

Dibalik semua lelah yang dirasakan selama menjalani LDKS, di dalamnya terselip sebuah pesan kepemimpinan yang kuat. Kegiatan LDKS kini bukan lagi dijadikan ajang perpeloncoan atau semacamnya sehingga menimbulkan polemik dalam pelaksanaannya. Akan tetapi LDKS kini menjadi salah satu wadah bagi peserta didik untuk bersilahturahim dan berbagi ilmu.

 Kita semua adalah remaja generasi millennial. Kita tidak memerlukan kekerasan untuk menghadirkan seorang pemimpin yang kuat dan mampu bertanggung jawab. Kita hanya perlu menjadi millennials yang cerdas, tidak menitik beratkan kepemimpinan pada sesuatu yang menyulitkan diri sendiri ataupun orang lain. Jadilah pemimpin yang merakyat dan bukan penjajah di balik tirai otoriter.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment