MPLS RAMAH SD-IT QARDHAN HASANA
SD-IT Qardhan Hasana Banjarbaru

MPLS merupakan masa pengenalan lingkungan sekolah yang bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai pengalaman pertama murid pada suatu tingkatan pendidikan dalam mengenal dan memahami kondisi dan lingkungan baru.
SD-IT Qardhan Hasana Banjarbaru melaksanakan MPLS bertajuk MPLS RAMAH yang diselenggarakan pada Minggu pertama tahun ajaran baru 2025/2026. MPLS RAMAH menekankan pada kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, inklusif, dan menggembirakan bagi murid baru. MPLS Ramah juga bertujuan untuk menumbuhkan karakter siswa dan membangun relasi positif di lingkungan sekolah.
Adapun beberapa poin yang diterapkan pada kegiatan MPLS RAMAH ini adalah
1. Prinsip Ramah, prinsip ini dirancang untuk menghormati hak murid, dan menjunjung nilai karakter untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menggembirakan dengan memberi pengalaman belajar yang bermakna bagi murid.
2. Prinsip Edukatif, prinsip tersebut dirancang berdasarkan nilai-nilai pendidikan serta berorientasi pada pengetahuan, keterampilan dan karakter murid.
3. Efektif dan Efisien, memberi makna bahwa kegiatan MPLS sesuai dengan tujuan pelaksanaan MPLS yaitu membangun murid untuk mengenal dan beradaptasi pada kondisi sekolah dan kegiatan menggunakan sumber daya sekolah yang sesuai dengan kebutuhan.
4. Inklusif, kegiatan MPLS merangkul seluruh murid dan memastikan semua murid dapat berpartisipasi dengan baik dalam pelaksanaannya.
5. Partisipatif, MPLS RAMAH melibatkan seluruh warga satuan pendidikan sehingga dapat memastikan bahwa kegiatan tersebut merupakan hasil kolaboratif antar warga satuan pendidikan.
6. Fleksibilitas, kegiatan ini merupakan kegiatan yang dapat menyesuaikan dalam konsep MPLS RAMAH yang sesuai dengan kondisi yang di butuhkan oleh satuan pendidikan.
Pelaksanaan MPLS pada murid kelas 1 di SD-IT Qardhan Hasana Banjarbaru berjalan dengan lancar disertai dengan antusias yang tinggi. Berbagai macam kegiatan pengenalan dijalankan dalam rangka mempersiapkan masa transisi dari TK ke SD sehingga murid dapat beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.
Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan yaitu:
- Serah terima murid bersama wali murid dan ustadz/ah
- Pembiasaan pagi di kelas berubah baris didepan kelas, membaca surah pendek dan do'a
- Perkenalan lingkungan
- Murajaah bersama
- Senam pagi
- Melaksanakan permainan edukatif
- Makan siang bersama
- Sholat berjamaah
- Pelaksanaan asesmen
MPLS menjadi sarana penunjang untuk mentransformasikan kelancaran kegiatan belajar mengajar pada tahap selanjutnya, sehingga murid dapat berpartisipasi dengan baik pada setiap proses pembelajaran yang akan diberikan oleh para ustadz dan ustadzah di sekolah.